Rabu, 13 Juli 2011

Anime | Tentang Anime Bleach


Bleach
Bleach
Pengantar
Bleach adalah serial manga yang dikarang oleh Tite Kubo(Kubo Taito), mangaka dari Zombie Powder. SerialBleach mulai diterbitkan sejak tahun 2001, dan semenjak penerbitannya, serial ini sudah diadaptasi menjadi sebuah serial anime, dua buah OVA (Video Animasi Orisinil), satu film layar lebar, satu musikal rock, dan beberapa judul video game. Kompilasi manga (TankōbonBleach sudah terjual sebanyak 39 juta kopi di Jepang. Manga ini diserialkan dalam mingguan Shonen Jump.
Pokok Alur Cerita
Bleach bercerita tentang Ichigo Kurosaki, seorang pelajar SMA yang memiliki kemampuan untuk melihat arwah, dan juga Rukia Kuchiki, seorang shinigami (dewa kematian) yang pada suatu hari bertemu dengan Ichigo sewaktu sedang memburu arwah jahat yang disebut hollow. Pada saat Rukia bertarung melawan hollow tersebut, ia terluka dan oleh sebab itu ia tidak memiliki jalan lain selain memindahkan kekuatan shinigami-nya kepada Ichigo. Sejak saat inilah petualangan Ichigo dan Rukia dimulai. Mereka berdua bertualang mencari dan melawan para hollow dan melaksanakan upacara penguburan arwah untuk para arwah gentayangan. Dengan upacara ini, para arwah gentayangan menerima pembersihan dan mereka dapat dikirim ke Soul Society (surga atau nirwana, yaitu akhirat dalam cerita ini). Bagian awal dari cerita ini difokuskan kepada karakter-karakter dan masa lalu mereka, dan bukan terfokus pada dunia pekerjaan shinigami. Seiring jalannya cerita, hal-hal seperti kehidupan shinigami di Soul Society mulai terungkap sedikit demi sedikit.
Sejarah Bleach
Manga Bleach pertama kali diterbitkan bulan Agustus 2001dalam mingguan Shonen Jump terbitan Shueisha. Sampai tanggal 26 Mei 2007, sebanyak 276 bab sudah diterbitkan (rata-rata sekitar satu bab per minggu). Manga ini juga sudah dikompilasi kedalam 27 volume tankōbon, juga diterbitkan Shueisha. Volume pertama dari manga ini terjual lebih dari 1.250.000 kopi di Jepang. Pada tahun 2005,Bleach mendapatkan penghargaan prestisius Shogakukan Manga Award dalam kategori manga shōnen.
Serial anime Bleach ditayangkan setiap hari Rabu di stasiun televisi TV Tokyo dan juga stasiun-stasiun yang ter-afiliasi. Serial ini diproduseri oleh TV TokyoDentsu, danStudio Pierrot, dan disutradarai oleh Noriyuki Abe. Desainer karakternya adalah Masashi Kudō, dan komposer musiknya adalah Shiro Sagisu. Episode pertama Bleach ditayangkan pada tanggal 5 Oktober 2004. 63 episode pertama diadaptasi langsung dari manga-nya, sedangkan 46 episode berikutnya adalah produksi orisinil untuk anime-nya saja. Mulai dari episode 110, jalan cerita dalam serial anime-nya kembali ke jalan cerita dalam manga, walaupun ditambah dengan elemen-elemen dalam ke-46 episode sebelumnya. Sampai sekarang, belum ada rencana untuk mengakhiri produksi serial ini. Selain itu, dua buah OVAtelah diproduksi, dan juga dua buah film layar lebar yang berjudul Bleach: Memories of Nobody dan Bleach:The DiamondDust Rebellion == Catatan kaki ==‘ yang mulai dirilis di Jepang pada tanggal 16 Desember 2006. Menurut jajak pendapat online yang diselenggarakan TV Asahi pada tahun 2006, Bleach menempati peringkat ke-7 anime ter-favorit di Jepang.
Di Amerika Serikat, manga Bleach diterbitkan oleh Viz Media, dan serial anime-nya ditayangkan di Cartoon Network. Sedangkan di Indonesia sendiri, manga-nya diterbitkan oleh m&c comics mulai bulan Oktober tahun 2007.

Sinopsis Bleach

Musim pertama:The Shinigami Cerita ini dimulai dengan kehidupan seorang siswa SMA bernama Ichigo Kurosakidi Kota Karakura yang bisa melihat roh. Pada awalnya Ichigo hanya dapat melihat roh biasa dari orang yang sudah meninggal, namun hal itu berubah ketika suatu hari dia bertemu dengan seorang wanita berpakaian kimono hitam di kamarnya. Wanita tersebut merupakan Shinigami yang bernama Rukia Kuchiki. Kedatangannya disebabkan oleh kekuatan spiritual seekor Hollow, sebuah roh yang jahat. Hollow yang dimaksud tiba-tiba datang dan menyerang keluarga Ichigo karena merasakan kekuatan spiritual Ichigo yang besar. Ichigo kemudian terlibat dalam perkelahian dengan Hollow yang telah melukai keluarganya, walaupun Rukia yang seharusnya melawan Hollow tersebut sudah melarang Ichigo sebelumnya. Karena ketidakmampuan Ichigo untuk mengalahkan Hollow tersebut, akibatnya Rukia terluka parah ketika mencoba menolong Ichigo. Untuk mengalahkan Hollow itu hanya ada satu cara; yaitu dengan meminjamkan sebagian kekuatan Shinigami milik Rukia ke Ichigo. Sayangnya dalam proses tersebut terjadi ketidaksengajaan, Ichigo mengambil semua kekuatan spiritual Rukia dan membuatnya kehilangan kekuatan Shinigami. Akibatnya, Ichigo kemudian menjelma sebagai orang Shinigami dan mengalahkan Hollow tersebut.
Hari berikutnya, Rukia muncul di kelas Ichigo sebagai murid pindahan. Apalagi, kali ini Rukia terlihat seperti manusia biasa dan bisa dilihat oleh teman sekelasnya. Rukia memberitahu Ichigo bahwa kekuatan yang ajaib pada roh Ichigo-lah yang membuatnya mampu menyerap seluruh kekuatannya daripada hanya setengahnya, dan membuatnya harus berpidah ke dalam Gigai, tubuh manusia tiruan. Sementara menunggu kekuatan Shinigaminya pulih kembali, Rukia kemudian memutuskan untuk tinggal sementara di dunia manusia. Ichigo harus menggantikan pekerjaannya menjaga kota Karakura, melawan Hollow, dan membawa roh yang bergentayangan di dunia manusia menuju Soul Society.
Musim kedua: The Soulsociety Setelah sekitar dua bulan,akhirnya dua pengejar dari Soul Society datang kedunia manusia untuk membawa kembali Rukia,yang akan dieksekusi.Karena Rukia telah memberikan kekuatan Shinigaminya yang merupakan kejahatan kelas satu dan karena ia terlalu lama tinggal di dunia manusia. Kedua pengejar adalah Renji Abarai-teman masa kecil Rukia- dan Byakuya Kuchiki,yang tak lain adalah kakak Rukia. Ishida yang pada saat itu keluar tidak sengaja melihat Rukia sedang dikejar oleh Byakuya dan Renji berusaha menolong Rukia akan tetapi oleh byakuya dikalahkan dalam sekejap.dan tak lama setelah itu ichigo datang untuk menolong rukia dan saat ichigo hampir berhasil mengalahkan renji pedang ichigo patah dan akhirnya byakuya menghabisi ichigo dan menghilangkan kekuatan shinigami nya dan rukia pun meninggalkan ichigo di tengah hujan.Ichigo yang tersadar akhirnya memutuskan untuk berlatih mengembalikan kekuatannya bersama urahara di tempat rahasia di dalam toko.inoue,chad,dan ishida pun juga ikut berlatih bersama yoruichi.tak lama setelah itu akhirnya mereka berangkat menuju soul society di dalam soul society mereka menghadapi berbagai musuh dan akhirnya ichigo berhasil bertemu rukia walau hanya sesaat.Pada saat ichigo bertemu rukia,byakuya pun datang dan berusaha menghancurkan ichigo, untung pada saat itu yoruichi datang dan menolong ichigo dan membawa ichigo pergi untuk dilatih BAN KAI oleh yoruichi.
Setelah Ichigo menyelamatkan Rukia dalam Soul Society:The Rescue,di animenya dilanjutkan dengan Bount saga,Vaizard dan Arrancar.sedangkan di manganya yang berupa cerita aslinya,langsung cerita tentang Vaizard dan Arrancar hingga sekarang sedang dilanjutkan dengan pertempuran yang akan dilanjutkan di kota Karakura(Karakura Chou)

Pengenalan Tokoh

Karakter utama serial Bleach. Murid SMA kelas satu berambut oranye ini dipaksa untuk menjadi penggantishinigami (dewa kematian) setelah dengan tidak sengaja menyerap seluruh kekuatan Rukia Kuchiki. Perangainya yang sinis pada awalnya membuatnya ogah-ogahan menjalani pekerjaan barunya ini, tapi seiring berjalannya waktu, ia rela menerima jabatannya ini. Ia juga menyadari bahwa walaupun ia tidak mampu menyelamatkan semua orang, tetapi paling tidak ia dapat menggunakan kemampuannya untuk melindungi orang-orang yang dekat di hatinya. Kemudian dalam cerita, setelah ia kehilangan kekuatannya sebagai pengganti dewa kematian, ia memilih untuk mengambil resiko maut demi menjadi shinigamisepenuhnya.
Rukia Kuchiki adalah seorang shinigami yang dikirim untuk membasmi hollow di daerah perumahan Ichigo Kurosaki. Walaupun dari luar ia kelihatan seperti remaja perempuan, sebenarnya ia berusia lebih dari 100 tahun. Rukia terpaksa harus memindahkan kekuatannya kepada Ichigo dan untuk sementara menjadi manusia biasa. Ia mendaftarkan diri ke SMA dimana Ichigo bersekolah, dan tinggal di lemari Ichigo sementara ia mengajari Ichigo bagaimana menjadi pengganti shinigami.
Orihime Inoue adalah teman sekelas Ichigo, yang karena ia juga berteman dengan Tatsuki Arisawa yang dekat dengan Ichigo, iapun menjadi dekat dengan Ichigo. Secara teknis, Orihime adalah seorang yatim-piatu, karena ia bersama kakak laki-lakinya, Sora, kabur dari rumah mereka karena orang tua mereka yang kejam. Beberapa waktu setelah itu, kakaknya pun meninggal dunia. Pada awalnya, Orihime tidak memiliki kekuatan spiritual apapun, namun lama kelamaan ia jadi memiliki salah satu kekuatan penyembuhan terkuat di dunia Bleach. Ia mampu menyembuhkan tubuh yang terluka kembali kepada keadaan semula, walaupun terluka sangat parah sekalipun.
Yasutora Sado, atau lebih dikenal sebagai “Chad”, adalah salah satu dari segelintir teman-teman Ichigo di sekolah. Ia adalah pelajar Jepang berdarah Meksiko yang bertubuh sangat tinggi dibanding teman-teman sekelasnya. Walaupun secara fisik ia terlihat mengintimidasikan, ia sangat lembut dan penurut, dan menolak untuk berkelahi kecuali demi membela seseorang. Pada awalnya, ia tidak mampu melihat atau merasakan kehadiran arwah, namun sewaktu ia melihat sekelompok anak-anak diserang sebuah hollow, ia mendapatkan kekuatan unik dimana berkat kekuatan itu, tangan kanannya menjadi kuat dan terselubungi baja. Dengan demikian, ia mampu mengalahkan para hollow.
Pria misterius dan periang pemilik Toko Urahara, sebuah toko permen yang juga menjual barang-barang supernatural untuk kebutuhan shinigami. Walaupun memiliki sifat ceria dan optimis, ia adalah salah satu tokoh terpenting dalam dunia Bleach karena pengetahuannya yang amat luas tentang dunia spiritual, pengetahuan yang ia gunakan untuk mengatur rencana para tokoh-tokoh utama dalam cerita ini. Belakangan diketahui bahwa Urahara adalah mantan shinigami dari Soul Society.
Sekilas, Uryu Ishida nampak hanya seperti murid jenius yang suka menyendiri. Namun, Uryu adalah seorangQuincy, yaitu keturunan dari kaum imam pemanah pembasmi hollow. Ia menaruh dendam terhadap semuashinigami, termasuk Ichigo Kurosaki, namun seiring berjalannya cerita, pandangannya terhadap Ichigo berubah, dan bukannya menjadi musuh, ia menjadi kawan sekaligus saingan Ichigo.
Seorang kapten pendiam dari divisi ke – 6. Nama zanpakutonya adalah Zenbonsakura dimana ketika ia melepas jurus dari zanpakutonya akan muncul bunga sakura. Ia sangat mencintai istrinya, Kuchiki Hisana. Namun istrinya sudah meninggal. Karena itu ia mengangkat Kuchiki Rukia yang merupakan adik dari Hisana ke dalam keluarga Kuchiki. Byakuya sangat menyayangi Rukia dan sebenarnya tidak tega waktu Rukia akan di eksekusi.
Renji Abarai adalah seorang shinigami kelas atas yang memiliki jabatan sebagai wakil kapten divisi ke-6. Ini berarti ia adalah orang berpangkat tertinggi kedua dalam divisi pasukan shinigami tersebut. Pada awalnya, ia diperkenalkan sebagai musuh yang mematikan, dan memiliki konflik batin diantara kesetiaannya terhadap jabatannya dan persahabatannya dengan Rukia, teman sepermainannya sejak kecil. Ia adalah seseorang yang lancang dan bersemangat, dan sangat menghormati sekaligus membenci atasannya, kapten divisi ke-6 Byakuya Kuchiki.

Bleach di Indonesia

Bleach sendiri di Indonesia sudah cukup terkenal, walaupun situs-situs berbahasa Indonesia yang memuat berbagai macam tentang Bleach masih sedikit. Saat ini manga Bleach di Indonesia dapat dibeli dalam bentuk komik bajakan, yang mana sudah terbit lebih lama dari versi resminya. Versi resminya sendiri dirilis oleh m&c comicspada awal Oktober 2007. Indosiar pun sudah menayangkan Bleach dengan jadwal setiap hari minggu jam 11.00 siang waktu indonsia barat.

Situs resmi


0 komentar:

Posting Komentar